Ika Ahyani

Dalam bidang olahraga tentu tak lepas dari kebutuhan akan seragam tim yang wajib ada dalam setiap kegiatan kompetisi. Para atlit membutuhkan seragam berkualitas yang nyaman menunjang pergerakannya.

Anda tak asing lagi bukan dengan brand Mekanuma yang merupakan salah satu brand kenamaan di industry jersey tanah air.

Kesuksesan Mekanuma tidak lepas dari semangat seorang perempuan hebat yang bernama Ika Ahyani yang kini menjabat sebagai Komisaris PT Jaringan Cipta Karya. 

Perempuan kelahiran Sulawesi Selatan pada tahun 1978 ini memiliki latar pendidikan yang mumpuni, yaitu sarjana Akuntansi pada Universitas Sriwijaya yang dilanjutkan dengan pendidikan master jurusan Manajerial Accounting di Universitas YAI. Pendidikannya yang gemilang ini mengantarkannya pada kesuksesan brand Mekanuma.

Mekanuma juga telah melakukan eksport ke berbagai negara tetangga di Asia Tenggara bahkan menjangkau pasar Amerika dan Eropa.

Ika Ahyani
Ika Ahyani

Ika mengatakan awal mula dirinya tertarik di dunia fesyen khususnya industri seragam olahraga yakni berasal dari dirinya yang pernah bekerja di perusahaan Event Organizer dimana ia terlibat di pengadaan barang.
“Di pertengahan January 2016 terdapat request kebutuhan pengadaan jersey atlit menembak untuk acara Australasia Kejuaraan Menembak Level IV di Surabaya,” katanya.

Sejak itulah, Ika tertarik untuk terus menekuni dunia fesyen khususnya industry jersey tanah air dan kini telah melayani beragam klien dari mancanegara seperti Amerika Serikat, Malaysia, Thailand, Italy, Montenegro, Rusia, Australia dan New Zealand.

Namun, di luar itu Ika juga mengungkapkan menjalani bisnis ini tidaklah semudah yang dibayangkan, tentu ada kerikil yang menyertai dan jatuh bangun dalam membangun bisnisnya tersebut.

“Tight deadline, kesulitan dalam menolak order yang mendadak namun merupakan suatu kepuasan tersendiri saat dapat membantu para klien menyediakan seragam acara,” tuturnya.
Konsumen terbesar dari PT JCK kini adalah TNI POLRI, meski begitu dikatakan Ika hal tersebut bukan karena target pasar dari PT JCK adalah TNI POLRI, melainkan para atlet menembak.
“Di awalnya JCK justru masuk ke segmen atlit menembak, berkembang merambah ke Law Enforcement segment, militer, polisi, kejaksaan, Satpol PP dll. Saat ini salah satu pilar segmen Mekanuma adalah dunia korporasi yang rutin melakukan order seragam kerja, terutama untuk pekerja lapangan,” tutup Ika.
(Penulis: Silya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment